May 18, 2024

Seperti sudah diketahui, Xiaomi menjadi salah satu brand smartphone dimana sangat popular di dunia termasuk di Indonesia. Bagi Anda yang merupakan penggunanya, maka wajib tahu bagaimanakah cek touchscreen HP Xiaomi ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena agar bisa mencegah adanya kerusakan jauh lebih parah didalamnya.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena apabila kerusakannya sudah parah maka biasanya jalan satu-satunya adalah dengan mengganti bagian layar sentuhnya tersebut. Dan harga untuk menggantinya sendiri ternyata tidaklah murah. Bahkan dapat mencapai ratusan ribu rupiah. Tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi

Ketika anda memutuskan untuk membeli ponsel pintar baru seperti vendor satu ini, maka terdapat berbagai macam hal yang harus diperhatikan dengan baik. Salah satunya adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian layarnya.

Layar sentuh atau biasa disebut dengan touchscreen sendiri adalah bagian dari ponsel pintar dimana sangat penting untuk diketahui. Bayangkan saja apabila bagian satu ini mati, jelas pembelian ponsel tidak akan berguna bukan. Itulah mengapa pentingnya buat melakukan pengecekan pada bagian dari smartphone satu ini.

Untuk melakukan pengecekan sendiri sangat mudah buat dilakukan dan bahkan terdapat beberapa cara untuk cek touchscreen HP Xiaomi tersebut. Nah, daripada Anda penasaran, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Menggunakan Kode di HP Xiaomi

Cara pertama yang bisa digunakan buat mengetahui apakah bagian layarnya normal ataukah tidak adalah dengan melalui kode Xiaomi. Ini adalah cara manual dimana paling banyak dipilih oleh penggunanya karena akan menampilkan sejumlah informasi penting didalamnya. Kodenya sendiri adalah *#*#64663#*#* pada menu panggilan. Agar lebih jelas, simak beberapa caranya berikut:

  1. Melalui Dial UP

Pertama adalah dapat melalui Dial UP dimana bisa langsung melakukan panggilan ke *#*#64663#*#*. Tujuannya adalah buat melakukan uji hardware pada perangkat anda. Jika sudah berhasil diklik, maka secara otomatis akan langsung menunjukkan bagaimanakah performa dari HP, termasuk mengetahui uji touchscreennya.

  1. Uji Sensitivitas Layar

Selain melalui uji touchscreen, juga dapat melakukan pengujian buat mengetahui bagaimanakah sensitivitas dari layar. Sama seperti dengan sebelumnya, pengguna bisa langsung mengetikkan *#*#64663#*#* pada papan panggilan smartphone.

Nantinya, Anda akan menemukan adanya pilihan beberapa menu didalamnya dan bisa langsung memilih nomor 4 yakni touch sensor. Pengguna akan langsung diminta buat menyentuh semua kotak kosong dengan sentuhan.

Apabila semua kotaknya berhasil berubah warna menjadi hijau ataupun biru maka kondisi dari layar ternyata baik-baik saja. Namun apabila sudah disentuh selama beberapa kali tetapi tidak kunjung berubah, maka dapat dipastikan apabila terdapat kesalahan.

Melalui Cara Manual

Selain menggunakan kode diatas, pengguna juga bisa menggunakan cara pengecekan secara manual yakni tanpa aplikasi ataupun bantuan fitur dari Xiaomi. Jadi disini, anda haya perlu mengetahui area mana sajakah dimana akan berpengaruh terhadap layar HP.

Adapun Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menyentuh semua bagian dari touchscreen secara perlahan sekaligus bergantian. Apabila terhadap area eror, maka besar kemungkinan akan membuka aplikasi sendiri ataupun lainnya.

Menggunakan Bantuan Aplikasi Tambahan

Masih ada cara lainnya dimana akan membantu buat melakukan pengecekan apakah bagian touchscreen berjalan dengan normal ataukah tidak. Yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi tambahan dimana bisa langsung terinstal di ponsel masing-masing. Dari sekian banyak pilihan aplikasi, maka beberapa pilihan berikut cukup direkomendasikan.

  1. Touchscreen Test

Pilihan pertama adalah touchscreen test dimana dikembangkan oleh Mokshyn dimana dikenal mempunyai performa sangat bagus. Bahkan user dapat diberikan kemudahan dalam mengecek touchscreen apakah bekerja secara normal ataukah tidak. Adapun langkah-langkah penggunaannya diantaranya adalah:

  1. Install aplikasi bernama touchscreen test via google playstore terlebih dahulu dan jalankan aplikasinya
  2. Pada halaman utama, user bisa langsung memilih start test dengan warna hijau.
  3. Anda akan menemukan adanya banyak titik dengan warna abu-abu dan sentuh titik-titik tersebut.
  4. Apabila semua area yang sudah disentuh berwarna hijau maka touchscreen masih dapat berfungsi dengan optimal.
  5. Multi Touch Test

Selain penggunaan aplikasi diatas, masih terdapat pilihan aplikasi lainnya dimana akan membantu untuk mengetahui apakah bagian layar bermasalah ataukah tidak. Yakni dengan menggunakan multi touch test ini dimana dapat diunduh secara gratis hanya di Playstore.

Multi touch test inipun mempunyai tampilan interface sangat sederhana seingga sangat mudah dipahami oleh para penggunanya. Untuk ukuran filenya sendiir ternyata tidaklah terlalu besar sehingga tak akan menyedot banyak ruang didalamnya nanti.

  1. Display Tester

Apabila user penasaran apakah layar Xiaomi mengalami peredupan ataukah mempunyai warna seolah-olah hilang, aplikasi bernama display tester inipun bisa menjadi solusi paling recommended untuk Anda loh.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena apk inipun akan melakukan pengujian dengan cara menampilkan beberapa gambar dengan warna tertentu saja. Dengan begitu user dapat mengetahui apakah terdapat masalah pada warna layar ataukah tidak. Didalamnya pun juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik didalamnya.

Ciri-ciri Kerusakan Pada Touchsreen

Sudah tahukan bagaimanakah cara pengecekan untuk mengetahui apakah layar Xiaomi baik-baik saja ataukah tidak. Bagi pengguna vendors smartphone satu inipun juga wajib memahami bagaimanakah ciri-ciri dari kerusakan layar. Hal tersebut sangat penting karena ternyata dapat membantu untuk meminimalisir kerusakan jauh lebih parah.

Agar tidak sampai terlanjur, maka wajib buat mengetahui beberapa ciri-ciri kerusakan yang ada didalamnya tersebut. Langsung saja, simak penjelasan dimana sudah kami rangkumkan dibawah ini:

Sulit Buat Disentuh

Ini adalah ciri paling banyak dialami oleh pengguna Xiaomi yakni bagian touchscreen sangat sulit buat disentuh. Atau kemungkinan besar tidak dapat disentuh sama sekali. Untuk masalah satu ini biasanya hanya terjadi pada sebagian layar ataupun seluruhnya.

Apabila pengguna mengalami masalah satu ini maka jangan buru-buru membawanya ke tempat servis dahulu. Sebab, Anda bisa melakukan pengujian terlebih dahulu menggunakan beberapa cara diatas. Terlebih lagi, melakukan penggantian layar ternyata tidaklah murah loh.

Adanya Garis Pada Layar

Selain tidak dapat disentuh, muncul garis pada layar juga dapat menandakan bahwa terdapat masalah pada bagian ponsel satu ini. Biasanya terdapat garis yang tidak parah ataupun bahkan menutupi sebagian besar dari layarnya. Tentu apabila garisnya sudah menutup semua layar membuat pengguna akan terganggu ketika menggunakannya bukan?

Terdapat Titik Hitam

Ciri lainnya dimana dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan adalah adanya titik hitam pada layar. Biasanya disebabkan karena ponsel pernah kemasukkan air. Apabila noda hitam tersebut hanya sedikit, jelas tak akan menimbulkan masalah berarti bukan. tetapi jika sudah melebar jelas harus segera dibawah ke tukang servis.

Kerusakan pada bagian touchscreen memang tidak boleh diremehkan begitu saja karena jika dibiarkan maka dapat mengakibatkan sejumlah masalah. Itulah mengapa ketahui dahulu bagaimanakah cara cek touchscreen HP Xiaomi dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *