Semua orang yang mampu secara ekonomi ingin memiliki tempat tinggal yang lengkap dengan furniture, alat penjernih air, dan berbagai macam perlengkapan lainnya dengan uang mereka sendiri. Namun mengingat harga rumah yang cukup mahal para pengembang menyediakan beberapa cara alternatif untuk membeli rumah, seperti: Tunai, KPR atau KPR Syariah. Anda bebas memilih cara menebus rumah.

Selain itu, ada hal lain yang perlu dipertimbangkan saat membeli rumah. Tipe rumah terbagi menjadi beberapa tipe sesuai dengan luas lahan yang ditempati. Jangan sampai Anda salah memilih tipe rumah untuk Anda, karena biaya perbaikan atau renovasi rumah juga sangat mahal. Berikut beberapa tipe rumah yang perlu Anda ketahui.

1. Tipe 21/24

Seperti namanya, rumah yang akan Anda tempati memiliki ruang tamu seluas 21 hingga 2 meter persegi dengan tipe ini. Rumah tipe ini merupakan tipe rumah terkecil yang dibangun di atas kavling dengan lebar 3 atau meter. Biasanya ini termasuk rumah sederhana yang bisa diisi dengan kamar tidur dan dapur. Oleh karena itu, tipe ini sering dijadikan sebagai tempat investasi dengan cara menyewakannya sebagai dana pensiun.

2. Tipe 36

Tipe ini sangat populer di kalangan arsitek dan pengembang properti Indonesia. Tipe ini sangat cocok untuk pasangan yang baru menikah atau dengan keluarga kecil. Dibangun di atas lahan seluas 6 meter dengan ukuran 6×6 meter persegi, tipe ini menawarkan ruang yang cukup luas dan harga yang terjangkau. Rumah sebesar ini bisa diisi dengan dua kamar tidur dan beberapa ruang serbaguna yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

3. Tipe 42

Dengan ruangan yang lebih besar dari tipe sebelumnya, rumah dengan tipe 5 sangat cocok untuk keluarga kecil dengan ruangan yang lebih luas. Biasanya masyarakat kelas menengah lebih menyukai rumah jenis ini karena bisa digunakan untuk berbagai hal. Pada tipe 36 kamar tidur, tipe ini hanya dapat ditempati oleh 2 kamar tidur, namun sisa ruang masih dapat digunakan untuk dapur, teras atau ruang serbaguna.

4. Tipe 54

Tipe ini merupakan favorit kalangan menengah ke atas dan bisa dikatakan sebagai tipe rumah ideal yang bisa dimiliki seseorang. Tipe ini biasanya berukuran sekitar 9×6 meter persegi dan dapat ditempati dengan 3 kamar tidur. Selain itu, Anda tetap bisa memiliki teras, ruang tamu, dapur, dan juga garasi untuk mobil atau motor. Oleh karena itu, tipe ini dikenal sebagai tipe ideal bagi Anda yang memiliki keluarga besar.

Setelah mengetahui beberapa tipe rumah tersebut di atas tentu Anda akan lebih banyak memiliki referensi dalam memilih tipe rumah. Selain itu Anda juga bisa melakukan survey harga furniture rumah seperti harga kaca tempered kamar mandi, almari, kasur dan lain sebagainya yang nanti bisa digunakan sebagai perkiraan dana yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.