May 18, 2024

Pekerjaan konsultan HRD sangat berkaitan dengan para Sumber Daya Manusia di perusahaan sehingga ada banyak sekali tugas yang harus dilakukan. Dalam memilih karyawan itu sendiri, penting menerapkan cara tertentu agar tidak salah pilih.

Proses rekrutmen pekerja baru, tim HRD harus menyiapkan banyak hal, mulai dari pemasangan iklan, pembuatan job description, penempatan iklan tersebut, proses wawancara dan seleksi, serta masih banyak lagi lainnya.

Menyaring calon karyawan baru di bisnis Anda, tentu tidak boleh dilakukan dengan asal sehingga perlu menerapkan metod khusus secara cerdas. Dengan demikian, mampu membawa perusahaan pada tujuan yang ingin dicapai dengan sukses.

Cara Rekrut Karyawan oleh Konsultan HRD

Sebuah perusahaan akan menerapkan sistem divisi agar fokus mengerjakan tugas sesuai keperluan sehingga hasilnya optimal. Dalam merekrut anggota setiap tim, konsultan HRD akan menyarankan cara perkrutan seperti di bawah ini.

1.    Menentukan Penempatan Iklan

Cara pertama adalah dengan pembuatan iklan yang berisi kebutuhan mencari tenaga kerja baru. Anda dapat melakukan pemasangan iklan di berbagai tempat/media, sebagai contoh media cetak, media sosial, dan lain sebagainya.

Jika diperlukan sesuai kebutuhan pemenuhan tenaga kerja baru pada institusi tertentu, lakukan kunjungan personal, sebagai contoh pada institusi pendidikan. Anda juga bisa membuat hal baru dan berani, seperti memasang di tempat umum, seperti busway.

2.    Merekrut dalam Pasar Kerja Berlimpah

Bagaimana apabila akan melakukan perekrutan karyawan baru dengan jumlah besar? Dalam kasus ini, lakukan diskusi atau dapatkan referensi dari karyawan lama terlebih dahulu sehingga mendapatkan rekomendasi terbaik sesuai kebutuhan.

Jika kebutuhan untuk pekerja baru cukup besar, pertimbangkan untuk memberikan informasi pada iklan yang menarik. Dengan demikian, bisa menemukan pekerja yang tepat dengan melalui tahap-tahap selanjutnya sampai wawancara secara langsung.

3.    Menentukan Kualifikasi

Lakukan rekrut pekerja dengan memikirkan secara matang atau tidak dengan terburu-buru sehingga akan menghemat tenaga dan waktu. Apabila terlalu menggebu-gebu tentu saja hasilnya juga akan tidak maksimal.

Pastikan telah menentukan kualifikasi secara tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Pilih karyawan yang benar-benar cocok dengan perusahaan Anda sehingga dapat bekerja secara nyaman di lingkungan tersebut.

4.    Tentukan Jumlah Kandidat

Penentuan jumlah kandidat pada tahapan ini sudah ditentukan terlebih dahulu sebelumnya untuk melakukan tes wawancara. Untuk lebih fokus dan bisa menemukan kandidat sesuai keperluan, jangan terlalu banyak orang pada sekali proses wawancara.

Anda dapat melakukan wawancara dengan bertemu secara langsung atau melalui telepon. Saring sampai menjadi lebih sempit untuk kemudian dapat menentukan siapa yang berhak diterima.

Dalam membuat keputusan rekrutmen, konsultan hrd akan membantu tim HR di perusahaan Anda untuk menerapkan strategi tepat. Melalui konsultanhrd.co.id, pilih layanan consultant dan Human Capital yang didirikan olh tenaga profesional di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *